JENIS BAHAN KEMEJA & KARAKTERISTIKNYA



Menentukan pilihan bahan kemeja yang nyaman dan untuk kita memang memerlukan pengetahuan terlebih dahulu mengenai apa saja jenis-jenis bahan kemeja dan bagaimana karakteristiknya. Harga dari masing-masing jenis bahan juga bervariatif. Menyesuaikan dengan tingkat kualitasnya, semakin tinggi kualitasnya semakin mahal juga harganya. Seperti pepatah mengatakan “Ada Barang, Ada Harga”. Dan kali ini kami akan sharing mengenai jenis-jenis bahan kemeja yang sering digunakan oleh masyarakat umum dan karakteristiknya.

  1. American Drill

American drill merupakan kain dengan campuran katun dan poliester. Kain ini yang paling sering diminta oleh customer, karena harganya yang standar, cukup adem, dan mampu menyerap air dengan baik. Selain itu, kain ini memiliki tekstur yang cukup halus, namun sedikit lebih kaku. Sesuai dengan karakteristiknya American Drill cocok digunakan untuk membuat kemeja korsa, celana, topi, kemeja dinas, rompi, celemek, dll.

2. Japan Drill

Sama seperti American Drill, Japan Drill juga banyak diminati oleh customer. Namun, jika bicara soal kualitas Japan Drill berada di atas American Drill dan harga pasti mengikuti.Japan Drill memiliki kelebihan yang tidak dimiliki jenis kain yang lain, yaitu lebih kuat dan tebal. Jenis kain ini didominasi katun daripada poliester. Sehingga cocok digunakan untuk seragam lapangan, kemeja kantor, jaket, jas, seragam dinas, kemeja organisasi mahasiswa . Jenis kain Japan Drill yang paling terkenal adalah Nagata Drill, karena mudah ditemukan di pasaran dan kualitasnya yang tidak diragukan lagi. Walaupun dengan serat yang tebal, kain ini tetap adem. Japan drill juga memiliki permukaan yang halus dan tidak kaku, sehingga menambah kenyamanan saat dipakai.

3. Oxford

Oxford memiliki tekstur kain yang berbentuk semacam titik-titik dengan permukaan yang rata dan halus. Jika dibandingkan dengan Drill tingkat ketebalan Oxford lebih rendah (tipis), walaupun begitu kain ini cukup kuat, tidak mudah sobek. Oxford sangat umum digunakan untuk seragam sekolah, kemeja korsa, kerudung, seragam PDL, dll. Jenis kain Oxford yang mudah ditemukan dipasaran seperti  Taipan Tropical, Sari Warna, Marryland Tropical.

Demikian pengetahuan mengenai  jenis bahan kemeja dan karakteristiknya, semoga bermanfaat 🙂



Posted on Maret 27, 2019 at 8:16 am

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *