6 BAHAN KEMEJA YANG SERING DIGUNAKAN OLEH KHALAYAK RAMAI

 

Kemeja dengan memakai lengan panjang maupun lengan pendek, pada umumnya digunakan untuk kegiatan ataupun acara casual/kasual dan formal. Disamping jenis, motif, dan warna yang beragam dan banyak , bahan yang dipakai pun bermacam-macam jenisnya dan dapat diserasikan dengan kebutuhan. Ada banyak bahan kemeja yang digunakan , diantaranya katun, denim, chambray, flannel dan oxford. Apakah yang dimaksud dengan bahan katun, denim, chambray , flannel dan oxford itu? Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang bahan katun , denim, chambray, flannel dan oxford.

1.Bahan Katun

Bahan katun terbuat dari serat kapas, tekstur yang dimiliki bahan ini adalah halus dan lembut. Bahan ini ini tidak membuat orang yang menggunakannya merasakan kepanasan karena bahan katun ini dapat menyerap keringat dengan baik serta nyaman digunakan. Kain ini tidak gampang kusut ketika dicuci serta dari segi warna, warnanya tidak mudah luntur.

Kemeja bahan katun dapat dicuci dengan tangan maupun mesin cuci. Jika, mencuci dengan mesin cuci harus diperhatikan dari segi warna, jika berwarna putih harus dicuci dengan air hangat sedangkan untuk kemeja yang berwarna gelap bisa dicuci menggunakan air dingin. Ini dilakukan supaya warna kemeja tidak menjadi pudar. Dalam proses mengeringkan cukup dengan cara dijemur jangan dikeringkan dengan pengering baju

2.Bahan Denim

Bahan kain yang terbuat dari katun twill sejenis dengan bahan denim ini akan tetapi bahan denim ini mempunyai kesan yang lebih halus serta tipis. Bahan denim merupakan hasil perpaduan wool dengan cotton, atau wool dengan silk.

Kemeja berbahan denim dapat dicuci menggunakan tangan ataupun mesin cuci tetapi ada yang harus diperhatikan yaitu jangan mencampur kemeja berbahan denim dengan kemeja yang lain yang mempunyai bahan yang berbeda.  Dalam merendam kemeja berbahan denim ini lebih baik menggunakan air hangat , hal ini dilakukan supaya kotoran yang menempel pada bahan ini cepat hilang. Hindari penggunaan detergen yang berlebihan apalagi memakai pemutih jika ingin warna pada bahan ini bertahan lama dan kain denim bertahan lama. Untuk masalah menjemur kemeja berbahan denim ini, hindarkan kemeja berbahan denim ini terkena sinar matahari secara langsung. Dalam hal menyeterika bahan ini harus dibalik atau bisa dikatakan bahan bagian dalamnya yang diseterika menggunakan suhu yang tidak terlalu panas.

3.Bahan Chambray

Bahan kain chambray merupakan  jenis bahan kain yang sepintas mirip dengan bahan kain denim akan tetapi sebenarnya bahan kain chambray ini berbeda dengan bahan kain denim. Perbedaannya adalah bahan kain chambray lebih ringan daripada bahan kain denim yang sehingga memedakan dari bahan jeans atau denim. Dalam hal perawatan, bahan kain chambray ini sama dengan perawatan bahan kain katun.

4.Bahan Flanel

Bahan kain flanel terbuat dari serat wol tanpa ditenun,bahan kain flannel dibuat dengan proses pemanasan serta penguapan sehingga dapat menghasilkan kain dengan aneka ragam tekstur dan jenis.

Kemeja dengan bahan flanel dapat di rendam dengan menggunakan  air dingin dan jauh lebih baik jika dicuci dengan menggunakan tangan. Menggunakan deterjen yang mengandung pemutih tidak disarankan untuk bahan kain flannel ini.  Untuk menjemurnya bisa dijemur dibawah sinar matahari secara langsung, akan tetapi pada saat menjemur harap dibalik, jadi kemeja bagian dalam berada diluar. Pada saat menyetrika juga harus dibalik sama seperti saat menjemur dan gunakan suhu yang tidak terlalu panas.

5.Bahan Oxford

Bahan kain oxford merupakan bahan kain yang terbuat dari bahan katun dengan sedikit menggunakan campuran tetoron. Mempunyai anyaman plat dengan tekstur seperti halnya titik-titik ketika diraba terasa halus.

Kemeja dengan bahan oxford  ini disarankan dicuci dengan menggunakan tangan serta tidak menggunakan banyak deterjen karena bahannya mudah robek/ sobek jadi disarankan untuk menggunakan deterjen dengan formula yang lembut. Pada saat menyeterika harus disetrika dengan suhu yang tidak terlalu panas.

6.Bahan Drill

Bahan drill merupakan bahan yang terbuat dari sintetis dengan camputan katun yang mempunyai anyaman melintang daris miring miring handsfeel terasa halus dan terkadang sedikit agak kasar tergantung dari komposisi penyusunnya.

Bahan drill biasa digunakan untuk kegiatan outdoor karena bahan ini mempunyai sifat yang sangat kuat dan kokoh.

Posted on Oktober 20, 2018 at 1:21 am

Tag: ,

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *